Zonanugera's.com

Beranda » Zona Kesehatan » Vaksin yang Dikembangkan untuk Membantu Para Perokok Berhenti

Vaksin yang Dikembangkan untuk Membantu Para Perokok Berhenti

pas1

widiantopanca

nicvaxGlaxo-SmithKline telah bergabung dengan Nabi Pharmaceutical untuk memproduksi suatu vaksin yang bisa membantu para perokok berhenti dari ketagihannya secara permanen.

Vaksin tersebut, NicVAX, bekerja dengan mencegah nikotin memasuki otak, sehingga menghentikan para perokok mendapatkan sensasi menyenangkan apa pun yang menyebabkan ketagihan. Suntikan akan berefek sekitar 1 bulan dan para perokok tersebut memerlukan suntikan setiap bulan selama 6 bulan untuk memastikan ketagihannya hilang secara permanen.

Vaksin ini menstimulasi sistem imun untuk memproduksi antibodi terhadap molekul nikotin kecil, komponen utama penyebab ketagihan pada asap tembakau. Antibodi tersebut mengikat nikotin dan kombinasi antibodi-nikotin ini terlalu besar untuk masuk ke otak melalui peredaran darah.

Percobaan dengan 5 suntikan vaksin atau plasebo dilakukan oleh 9 institusi, termasuk University of California, menunjukkan produk ini membantu 50% perokok untuk berhenti selama periode percobaan. Pada percobaan kedua sukarelawan diberi 6 suntikan vaksin dan 80% sukarelawan yang menerima vaksin ini mencapai kadar antibodi nikotin yang memuaskan.

Presiden Glaxo-SmithKline Biologic Division, Jean Stephanie, mengatakan bahwa jika vaksin ini diterima dan dipasarkan maka akan menolong jutaan orang untuk berhenti dari kebiasaan merokok secara permanen. Diperkirakan lebih dari 70% perokok berusaha untuk berhenti setiap tahunnya, tetapi hanya 5-15% yang berhasil lebih dari setahun tanpa kembali merokok.

Ada banyak produk-produk lain untuk membentu perokok berhenti dari kebiasaannya, seperti permen karet, semprotan hidung, dan tempelan, tetapi banyak perokok kesulitan untuk tidak kembali ke kebiasaannya tersebut. Produk-produk pembantu berhenti merokok memberikan nikotin dengan metode alternatif merokok. Mendapatkan suatu dosis nikotin mengurangi gejala withdrawal dan memberi peluang kepada tubuh untuk melakukan penyesuaian untuk tidak merokok. Dosis secara progresif dikurangi dan kemudian dihentikan sama sekali. Banyak orang kembali lagi pada kebiasaan merokok walaupun dosis dikurangi atau dihentikan. NicVAX bekerja dengan cara yang sangat berbeda dengan produk-produk lainnya karena mencegah nikotin masuk ke dalam otak.

Suatu vaksin untuk membantu orang berhenti merokok secara permanen dapat menyelamatkan jutaan kehidupan secara global dan memotong beban finansial sistem kesehatan dikarenakan kondisi-kondisi kesehatan akibat merokok. Jika uji tahap akhir sukses, NicVAX akan dapat tersedia di pasar hanya dalam 1 tahun lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: