Zonanugera's.com

Beranda » Zona Agrobisnis » Kenaikan Tepung Terigu Tak Sampai 2 Persen

Kenaikan Tepung Terigu Tak Sampai 2 Persen

pas1

anas nafian web

Di tengah isu kenaikan harga dan kelangkaan gandum dunia serta kebutuhan menjelang Lebaran, harga tepung terigu di pasar tradisional dan pasar swalayan Surabaya belum terlalu berpengaruh. Dari pantauan Surabaya Post, Jumat (27/8), di Pasar Tambah Rejo dan Pasar Wonokromo serta di di Hypermart Royal Plaza dan Carrefour Golden City Mall, kenaikan harga tepung terigu terbilang sangat kecil, tidak sampai 2% dari harga semula.
Kenaikan harga itu, meski kecil, tak sesuai dengan pernyataan Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, saat peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus lalu. Saat itu ia menjamin harga terigu tidak akan naik hingga Lebaran karena stok nasional cukup sampai akhir 2010 meskipun harga gandum sebagai bahan baku terigu telah mengalami kenaikan.
Santoso, pedagang di Pasar Wonokromo mengatakan, mulai pekan ini harga tepung terigu mengalami kenaikan Rp 100 sampai Rp 200 per kilogram. ” Untuk tepung terigu curah, minggu kamarin 1 kg harganya Rp 5.200, sejak hari Rabu sampai hari ini harganya menjadi Rp 5.300 per kg,” ungkap Santoso, Jumat (27/8).
Kenaikan tepung terigu tidak hanya terjadi pada yang curah saja. Tepung terigu dalam kemasan bermerek juga mengalami kenaikan. Untuk tepung terigu dengan merek segitiga biru yang menurut Santoso paling laris saat ini, telah mengalami kenaikan Rp 250 per kemasan 800 gram. ”Kalau segitiga biru minggu kemarin harganya cuma Rp 7.650 per bungkus, naik menjadi Rp 7.800 per bungkus. Sedangkan cakra kembar dari Rp 8.100 menjadi Rp 8.200 per bungkus dengan berat 1 kg,” terangnya.
Hal senada dikatakan Panjul, pedagang di pasar Tambah Rejo. ”Akhir-akhir ini harga tepung terigu tidak stabil, justru pada minggu ini naik,” kata Panjul, yang mengaku sudah berjualan selama 20 tahun.
Menurut Panjul, harga tepung terigu jenis curah saat ini Rp 5.200 yang pada minggu sebelumnya hanya Rp 5.100 per kg. Sedangkan untuk tepung terigu merek segitiga biru harganya tetap yakni Rp 7.900.
Di sejumlah pasar swalayan seperti Hypermart dan Carrefour, harga tepung terigu juga mengalami kenaikan harga. Pada minggu ketiga bulan Agustus 2010, harga tepung terigu di Hypermart Royal Plaza merek segitiga biru dengan netto 800 g harganya Rp 9.200 dan cakra kembar harganya Rp 9.870 per kemasan 1 kg. Pada Jumat (27/8) malam, segitiga biru naik menjadi Rp 9.400 dan cakra kembar menjadi Rp 10.000.
Santi, salah satu penjaga stan di Hypermart Royal Plaza membenarkan ada kenaikan harga tepung terigu dibanding minggu lalu, tetapi dia tak tahu pasti apa yang menyebabkan kenaikan tersebut. ”Saya tidak tahu penyebabnya, yang pasti minggu ini harga tepung terigu sedikit naik dari minggu kemarin,” katanya.

Di Carrefour Golden City Mall, harga tepung terigu juga naik. Rafikah, salah satu penjaga stan di Carrefour Golden City Mall mengungkapkan terjadi kenaikan harga tepung terigu sekitar Rp 200 per kemasan 800 gram. Saat ini harga tepung terigu dengan merek segitiga biru Rp 9.310 per kemasan dan merek cakra kembar Rp 9.900 per kemasan 1 kg.
Sumber : Surabaya Post (2010)

%d blogger menyukai ini: