Zonanugera's.com

Beranda » Zona Agrobisnis » AS Tarik Setengah Miliar Butir Telur

AS Tarik Setengah Miliar Butir Telur

pas1

anas nafian web

Negara maju, biasanya selalu bertindak cepat dalam menangani produk makanan dan minuman ebbahaya yang kadung beredar luas di masyarakat. Seperti yang ditunjukkan AS. Pemerintahy negara adidaya itu telah menarik lebih dari setengah miliar butir telur ayam dari seluruh toko-toko di AAS karena berpotensi terkontaminasi bakteri salmonella.

Itu merupakan salah satu penarikan produk terbesar yang pernah dilakukan negara Paman Sam. Memang belum ada laporan kasus kematian seseorang akibat mengonsumsi telur yang diduga mengandung bakteri salmonella itu. Namun, Departemen Pangan dan Obat-Obatan AS (FDA) terus menyelidiki awal mula wabah salmonella yang meningkat menjadi 1.953 kasus pada periode Mei dan Juli tahun ini.

Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dari total kasus normal pada periode yang sama tahun lalu. ”Peternakan Hillandale telah menarik 170 juta telur yang telah didistribusikan di penjuru 14 negara bagian,” papar Krista Eberle, Direktur Program Keamanan Pangan di Pusat Keamanan Telur (ESC).  ”Ini tentu menjadi salah satu penarikan terbesar di industri peternakan,” imbuhnya. Sebanyak 380 juta telur lainnya telah secara sukarela ditarik sepekan silam oleh Wright County Egg di Galt, Iowa.

FDA dan Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit (CDC) berupaya mengidentifikasi jumlah warga AS yang diduga telah terinveksi bakteri salmonella setelah memakan telur-telur tersebut. Penadtaan dilaksanakan di sedikitnya 14 negara bagian, mulai dari California hingga Arkansas.  ”Ada para investigator di Hillandale Farms dan Wright County Egg.Penarikan telur itu terkait dengan itu,”papar juru bicara FDA Pat El-Hinnawy.

FDA memperingatkan bahwa wabah dapat menyebar lebih luas daripada yang telah dilaporkan karena sebagian besar orang yang sakit akibat bakteri salmonella tidak melapor ke rumah sakit atau mendapat bantuan medis. FDA melanjutkan, binatang pengerat yang terinfeksi mungkin turut menyebarkan salmonella. Sejumlah perusahaan memutuskan untuk melakukan pasteurisasi semua telur segar untuk mematikan bakteri salmonella.
 Sumber : Surabaya Post (2010)

%d blogger menyukai ini: