Zonanugera's.com

Beranda »

Tips Memasak Ikan Panggang/Bakar

pas1

anas nafian web

Bagi orang yang ingin melakukan diet menyehatkan, makan ikan dapat menjadi solusi karena seafood rendah lemak, kalori dan karbohidrat. Ikan panggang dapat menjadi pilihan yang baik selain masakan yang umum seperti ayam steak, hamburger dan daging rusuk. Beberapa tip yang sangat membantu dalam memasak ikan.

Persiapan Memasak
Sebelum memasak, pastikan pemanggang bersih. Untuk mengurangi resiko lengket, gunakan minyak atau penyemprot masakan anti lengket.

Jika menggunakan marinade, rendam ikan selama sekitar dua jam sebelum memasak agar rasanya masuk ke dalam ikan. Namun demikian, apabila menggunakan marinade yang mengandung gula harus berhati-hati sebab gula akan menjadi karamel dan menyebabkan ikan lengket di pemanggang. Marinade dapat juga dioleskan pada ikan kering sebelum dipanggang.
Jalan lain untuk membumbuhi seafood adalah menyikatnya dengan minyak zaitun dan kemudian menambahkan bumbu kesukaan anda.

Memanggang Udang
Tempatkan udang pada tusukan, panggang dan perhatikan terus karena udang akan cepat matang.

Memanggang Scallop
Tempatkan pada tusukan ke samping datar. Biarkan scallop tersebut mendapat bumbu yang banyak ketika dalam panggangan

Memanggang Kekerangan
Kekerangan seperti tiram, remis dan kerang yang besar lebih cepat dimasak dari pada ikan. Tempatkan kekerangan tersebut pada pemanas yang merupakan bagian dari pemanggang. Kekerangan tersebut sudah matang apabila kulitnya sudah membuka.

Memanggang Ikan Segar
Pastikan pemanggang tersebut panas, apabila pemanggang tersebut hangat/kurang panas maka ikan dapat lengket di pemanggang.

Taruhlah ikan pada pemanggang dengan pelapis besi yang berjarak sehingga ketika membalik ikan tidak patah. Ketika memanggang lebih dari satu ekor ikan, pastikan untuk menyisakan tempat yang cukup untuk sirkulasi udara dan panas diantara ikan-ikan tersebut
Ikan akan mendesis pada saat kita menaruh di pemanggang. Ikan matang dengan cepat sehingga pastikan kita memperhatikan terus selama memanggang. Panggang sekitar 60% matang kemudian gunakan spatula yang lebar untuk membalik ikan tersebut.

Jenis Seafood yang biasa dipanggang
Udang, Udang yang besar adalah yang paling bagus dipanggang karena mudah ditusuk dan proses memasaknya sangat cepat.

Kerang, Kerang laut juga dapat ditusuk dan kerang mempunyai stuktur tubuh yang berdaging,
Lobster, Lobster harus dibelah memanjang sebelum dipanggang.
Salmon, Daging salmon yang berwama pink digunakan untuk steak dan fillet dan mempunyai rasa yang sangat lembut
Tuna, Salah satu ikan terbaik untuk dipanggang, Tuna dimasak seperti steak. Kelebihannya ikan laut yang berwarna pink ini hampir tidak pernah lengket bila dipanggang.
Kerapu, Ikan berdaging putih ini biasa dijual dalam steak dan fillet, rasanya wow … tak terbayangkan
Ikan sebelah (Halibut). Harus diakui ketika merasakan masakan ikan daging putih ini maka akan terasa lebih lembut dibandingkan ikan lainnya.

%d blogger menyukai ini: