Zonanugera's.com

Beranda »

Bumbu dan Rempah

pas1

anas nafian web

Seperti pada masakan asia lainnya,masakan Indonesia kaya akan bumbu dan rempah.Hampir semua bumbu dan rempah Asia di jual di pasar swalayan dalam maupaun luar negeri.Bumbu & rempah yang di pakai boleh ada yang masih dalam keadaan segar berbentuk umbi atau daun,sedangkan yang kering umumnya berbentuk biji-bijian. Bilamana anda tidak berhasil mendapatkan yang yang segar,gunakan bumbu rempah yang sudah di proses kering dan terjual dalam kemasan botol.

LENGKUAS


Pada setiap batang umbi terlihat ruas-ruasnya.Bahkan yang masih muda warnanya merah jambu.Cara menggunakan cuci dahulu,potong/iris setebal 1 cm,buang kulitnya lalu memarkan,dicincang kasar atau di haluskan sesuai keperluan.
Lengkuas kering tetap bisa di pakai ; cuci bersih kupas kulitnya,iris tipis tipis lalu jemur kering,simpan dalam tempat kedap udara.Sebelum di gunakan rendam selama 10 menit dalam air panas.

  • 1 sdm lengkuas cincang = 1 sdt bubuk lengkuas

JAHE


Jahe tua rasanya lebih pedas dan seratnya kasar.Selain memberi rasa dan aroma,jahe menghilangkan bau anyir pada ikan, daging sapi atau ayam.
Jahe di gunakan dalam keadaan segar di keringkan atau dalam bentuk bubuk.

  • 1 sdt jahe cincang = 1/4 sdt bubuk jahe

KUNYIT


Memberikan warna kuning pada masakkan, di gunakan dalam bentuk segar, di keringkan atau berupa bubuk

  • 1 sdm kunyit cincang = 1/4 sdt bubuk kunyit

KENCUR


Memberi aroma dan rasa khas pada jenis masakan tertentu misalnya, sambel pecel,rempeyek, lodeh,bumbu urab dsb.Kencur hanya di gunakan sedikit saja dalam keadaan segar,kering maupun bubuk.

  • 1 sdt kencur cincang = 1/2 sdt bubuk kecur

TEMU KUNCI



Aromanya khas dan mengurangi bau amis.Temu kunci di belah,di potong tipis ataupun di haluskan.

TEMU MANGGA



Seperti kunyit,memberi warna kuning tapi lebih lembut dan beraroma segar.Digunakan dalam bentuk segar, kering atau bubuk.

  • 1sdm temu mangga cincang = 1/2 sdt bubuk temu mangga.

DAUN SERAI



Dipakai hanya bagian batang yang berwarna putih atau hijau muda.dalam keadaan segar.Caranya,memarkan,haluskan atau iris halus.Aromanya wangi dan segar.


DAUN SALAM



Digunakan dalam keadaan segar atau kering.Bila anda ada di luar Indonesia,gantikan dengan daun laurier atau bay leaf atau tidak memakainya sama sekali karena ketidak hadirannya tidak mempengaruhi rasa dan aroma masakan.

DAUN JERUK PURUT



Digunakan dalam keadaan segar atau kering,memberi aroma segar pada masakan gulai,atau kari bila tulang daun di buang dan helai daunnya di sobek-sobek atau di iris halus.

DAUN PANDAN WANGI



Aromanya wangi lembut.Di Sumatera Utara digunakkan untuk membungkus ketupat.Di propinsi-propinsi lainnya daun pandan digunakan untuk memasak nasi.Atau di haluskan,diambil airnya sebagai bahan pewarna hijau pada makanan.

DAUN SUJI


Disebut pandan Betawi,tidak terlalu harum,digunakan sebagai bahan pewarna hijau yang hasilnya lebih tua di banding daun pandan wangi.

DAUN KEMANGI



Berdaun agak keriting,wanginya lebih tajam,di Sumatera di kenal sebagai daun ruku-ruku atau selasih dipakai dalam masakan ikan.Yang berbentuk lebar dan kecil-kecil digunakan dalam masakan atau di santap segar sebagai lalapan.Diluar Asia,daun kemangi bisa diganti dengan daun basil (sweet basi).

DAUN JINTAN



Disebut daun tebal karena memang tebal.Permukaannya dipenuhi bulu-bulu halus,memiliki wangi jintan dan adas.Daun ini di iris halus sebagai salah satu bumbu pada masakan Sumatera utara.

DAUN SALAM KOJA/TEMURUI



Kecil,berwarna hijau tua,dipakai dalam masakan gulai dan kari diwilayah Sumatera Utara dalam keadaan segar atau kering.

DAUN KUNYIT



Bentuk daun panjang dan lebar.Banyak di pakai dalam masakan Sumatera Barat seperti rendang,kalio dsb.Digunakan dalam keadaan segar dan kering.

DAUN KUCAI



Berasal dari Cina,daunnya lebih halus dari pada kucai barat (chives).Dipotong-potong kecil,ditaburkan pada kuah soto atau tumisan masakan.

DAUN BAWANG/ PREI



Daun bawang bakung (leek) daunnya pipih seperti daun prei (spring onion/scallion) daunnya bulat seperti tabung,keduanya sama.Yang dipakai bagian batang yang putih hingga hijau muda.Bagian yang tua baunya kurang sedap dan berlebih.


ANDALIMAN



Mirip merica segar,aromanya sedap memberi rasa pedas,nikmat dan hangat.Banyak digunakan pada masakan Batan misalnya arsik.

KETUMBAR



Dijual dalam bentuk biji maupun bubuk.Aromanya lebih kuat apalagi jika di haluskan sendiri.Caranya cuci bersih biji ketumbar,sangrai hingga kering,lalu di haluskan.Simpan di tempat sejuk dan kedap udara.

  • 1 sdm biji ketumbar = 1/2 sdm ketumbar bubuk.

MERICA



Masakan Indonesia menggunakan merica putih (merica tua).Sedangkan merica hitam adalah hasil pengeringan merica muda atau hijau.Banyak di gunakan pada masakan.Bali dan Aceh.Rasanya kurang pedas tetapi aromanya lebih tajam.Dipakai dalam bentuk bulat atau halus sesuai keperluan.

KEMIRI

Bentuk bulat dan berwarna kuning muda,rasanya gurih.Sebelum digunakan sebaiknya disangrai atau di goreng supaya bau langu dan racunnya hilang.Kemiri dapat digantikan oleh macadamian yang tumbuh di Hawai(harganya cukup mahal).Kacang mete goreng atau kenaripun dapat digunakan sebagai pengganti.

JINTAN

Dipakai untuk membuat gule,gulai dan kari.Cara menghaluskan sama dengan menghaluskan ketumbar.

  • 1sdt biji jintan sama dengan 1/2 sdt bubuk jintan

KAPULAGA

Ada yang berwarna putih,bulat agak panjang ada juga yang berwarna hijau dan baunya lebih tajam.Yang lebih besar berwarna coklat kehitaman,dipakai dalam masakan India.Sebelum di pakai di memarkan atau di haluskan terlebih dahulu.


CENGKIH

Dipakai utuh atau dihaluskan.

  • 1sdt butir cengkeh = 1/2 sdt cengkeh bubuk

PALA & BUNGA PALA

Biji pala dibungkus kulit yang keras dan di balut oleh bunga pala yang menyerupai jala kemerahan.Bunga maupun bijinya dikeringkan.Aroma bunga lebih halus dari pada biji,dibeli dan di pakai secara utuh atau di haluskan.

KAYU MANIS

Yang di pakai adalah kulit batang pohon yang di keringkan.digunakan utuh atau di haluskan.Bila dalam resep disebut 5 cm,ini berarti panjang yang di butuhkan.

ADAS MANIS

Mirip jintan,sebesar biji padi.Di gunakan untuk gule,gulai dan kari.Adas manis tidak sama dengan adas atau adas atau pulosari,meski bentuknya sama tetapi memiliki ekor dan dipakai dalam pembuatan jamu.

BUNGA LAWANG/PEKAK

Banyak dipakai untuk masakan Cina atau India.Di Indonesia hanya di gunakan di beberapa daerah.Berbentuk bintang delapan,ujungnya berbentuk pipih,aromanya mirip dengan adas (star anise).

KHAS KHAS

Ada yang berwarna putih dan hitam kebiruan.Pilih yang putih supaya warna masakan tetap baik.Dipakai karena pengaruh Indaia dan Timur Tengah.

KLABET

Bentuknya butiran,warnanya kuning hingga jingga,di gunakan untuk kari ikan atau gulai.

KLUWAK

Dipakai dalam rawon,masakan Jawa Timur.Kulitnya keras hingga harus di pecahkan lebih dahulu,lalu di keruk daging isinya.Setelah dicoba sedikit,bila tidak pahit rendam daging buah agar lunak baru dihaluskan.Pucung, adalah daging buah kluwak yang muda dan berwarna putih.Digunakan sebagai bahan masakan tersendiri dan tidak memberikan warna pada kuah.

%d blogger menyukai ini: