Zonanugera's.com

Beranda »

Target 1 Juta Ekor Sapi Tahun 2013

pas1

anas nafian web


Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengungkapkan bahwa dalam upaya pencapaian populasi sapi sejuta ekor tahun 2013, dinas peternakan dan kesehatan hewan Pemprov Sulsel, telah melakukan langkah-langkah strategis.
Ini diungkapkannya dalam acara pertemuan pengawasan mutu bibit tahun anggaran, Rabu kemarin di Kantor Dinas Peternakan Pemprov Sulsel. Langkah strategis yang dimaksud tersebut, yakni dengan 6 program diantaranya Gerakan Optimalisasi Sapi (GOS), Pengembangan Instalasi Pembibitan Rakyat (IPR), Pengendalian pemotongan ternak betina produktif, pencegahan dan pengendalian penyakit, intensifikasi penggunaan pejantan unggul serta pengawasan lalu lintas ternak.
Untuk inseminasi buatan (IB) dan kawin alam (KA), tetap intens dilakukan. “Diharapkan dari ini juga diharapkan meningkatkan kelahiran sebesar 41 persen dari induk produktif. Angka ini pencapaiannya akan berhasil jika pemerintah kabupaten dan kota memberikan konstribusi positif dan peran aktif terutama baik dari aspek pembagian anggaran, dukungan masyarakat serta pengusaha,” tukasnya.
Kadis Peternakan, Murtala Ali, mengatakan bahwa program pembibitan sapi rakyat telah dialokasikan dana sebesar Rp 66 Miliar kepada Gapoktan yang ada pada 13 kabupaten dan kota di Sulsel, sementara untuk nasional anggarannya mencapai Rp 2 triliun.
“Pencarian dana disalurkan melalui perbankan kepada kelompok tani. Bank tersebut yakni bank BNI, BRI, Mandiri, serta bank yang telah ditunjuk sebagai mitra kami,” ungkapnya. Jumlah sapi yang akan dijadikan induk untuk pembibitan 50 ekor tiap tahunnya. Dari induk sapi tersebut, akan dihasilkan bibit sapi unggul 100 ekor. Disisi lain mengantisipasi bakteri antrax, Pemprov telah menyediakan antibiotik sebanyak 40 ribu dosis melalui anggaran pemerintah pusat
Sumber : Berita Kota Makassar (2010)

%d blogger menyukai ini: