Zonanugera's.com

Beranda » Zona Agrobisnis » Peternakan » China Temukan Susu Tercemar

China Temukan Susu Tercemar

pas1

anas nafian web

Otoritas China menemukan lagi 170 ton susu bubuk tercemar melamin. Diduga kuat, susu itu bagian dari skandal susu serupa pada tahun 2008. Susu tersebut bukannya dimusnahkan, tetapi dikemas untuk dijual lagi. Akibatnya, ribuan anak sakit perut dan enam orang meninggal.

Meningkatnya kasus susu tercemar dalam beberapa minggu terakhir ini mempermalukan Pemerintah China. Sebab, pemerintah berkali-kali berjanji memberikan jaminan keamanan makanan. Ternyata produk makanan mengandung melamin, terutama pada produk susu, belum aman.

Janji keamanan pada produk makanan pendamping, termasuk susu, muncul setelah ratusan ribu anak sakit perut, mual, dan muntah. Bahkan, enam anak dilaporkan meninggal tidak lama setelah mengonsumsi susu tercemar melamin serta bahan-bahan kimia industri lainnya.

Produk susu tercemar itu baru-baru ini ditemukan antara lain di kota terbesar China, yakni Shanghai, serta kota-kota di Provinsi Shaanxi, Shandong, Liaoning, Guizhou, Jilin, dan Hebei. Operasi darurat selama 10 hari terhadap produk susu tercemar di China itu berakhir Rabu (17/2) besok, dan takkan diperpanjang lagi karena menjelang Imlek.

Dua pabrik ditutup

Menjelang hari raya Tahun Baru China, yang segera dimulai pada akhir pekan ini, beberapa kantor sudah tutup dan jutaan orang mulai berlibur. Dalam penemuan terbaru, kata pejabat pemerintah, terdapat 170 ton bubuk susu tercemar melamin. China Daily terbitan Senin (8/2) menyebutkan, otoritas terkait menutup dua perusahaan susu di Ningxia Hui utara.

Kedua perusahaan yang ditutup ialah Ningxia Tiantian Dairy Co Ltd dan Ningxia Panda Dairy Co Ltd. Kepastian penutupan dua perusahaan produsen susu itu diungkap pejabat pemerintah Provinsi Ningxia, Sabtu (6/2). Petugas juga telah menemukan banyak permen yang terbuat dari susu tercemar di Provinsi Jilin, Minggu.

Aparat Kepolisian Ningxia juga merinci ada satu perusahaan lain di luar Ningxia yang membayar 170 ton susu bubuk kepada Ningxia Tiantian Dairy Co Ltd, Juli lalu, sebagai tebusan utang. Susu itu sebenarnya sudah tercemar melamin, sisa dari skandal serupa pada tahun 2008.

Menurut dia, dari Juli sampai November 2009, pihak perusahaan mengemas ulang 164.75 ton susu tercemar itu, lalu dijual kepada lima pabrik di wilayah Mongolia Dalam, Provinsi Fujian, dan Guangdong. Petugas baru menyita 72 ton, dan sisanya masih dilacak keberadaannya. Bagaimana pun, Ningxia Panda Dairy Co Ltd ditutup karena berhubungan dengan Shanghai Panda Dairy Co Ltd, perusahaan yang lebih awal tersangkut skandal susu tercemar melamin itu.

Tanpa alat penguji

Sekjen Asosiasi Industri Susu Bubuk Ningxia Zhao Shuming mengatakan, ”Banyak perusahaan kecil tak memiliki teknologi pengujian melamin (sebuah bahan industri kimia yang ditambahkan ke susu guna meningkatkan protein palsu) membaca hasil uji mutu tersebut.”

Menurut dia, banyak pabrik susu bubuk skala kecil di Tiantian tidak memiliki mesin tes melamin. Harga mesin itu cukup mahal, yakni satu juta yuan atau 147.000 dollar AS. ”Banyak perusahaan tidak bisa memeriksa apakah susu yang mereka beli aman atau tidak. Namun, usaha mereka mengemas ulang susu jenis ini jelas ilegal, tidak dibenarkan,” kata Zhao.

Petugas juga menemukan permen yang bahan bakunya dari susu bubuk tercemar melamin. Permen itu bermerek Little White Mice, tapi perusahaan telah menariknya dari pasaran di seluruh wilayah. Belum ada laporan apakah daerah terpencil sudah bebas dari permen jenis ini.

Pada September 2008, susu yang diproduksi oleh 22 perusahaan di seluruh negeri diketahui mengandung melamin. Zat kimia berbahaya itu pada saat itu juga menewaskan setidaknya enam anak, dan lebih 300.000 anak lainnya menderita sakit perut, mual, dan muntah. Wakil Gubernur Shannxi Zheng Xiaoming mengatakan, pejabat pemerintah yang memuluskan peredaran susu dan permen tercemar itu akan dikenai tindakan tegas, termasuk pemecatan.

Sumber : Kompas (2010)

%d blogger menyukai ini: