Zonanugera's.com

Beranda » Zona Agrobisnis » Perikanan » Abon Bergizi dari Duri Ikan Bandeng

Abon Bergizi dari Duri Ikan Bandeng

pas1

anas nafian web

Tak sedikit dari kita pasti membuang duri ikan bandeng saat makan. Tapi seorang pengusaha asal Yogyakarta, punya ide kreatif. Umi Hayati mencoba membuat abon dari duri-duri bandeng. Hasilnya banyak pembeli yang suka dan dagangan pun laris manis terjual. Karena abon buatan Umi mengandung kalsium tinggi.
Dagangan Umi Hayati berlokasi di Jalan Herman Yohanes, Yogyakarta. Ia mendapat ide membuat abon itu, setelah mendengar informasi dari seorang dokter. Kandungan kalsium ini berguna untuk para manula.

Dalam proses pembuatannya, duri-duri ikan dan beberapa ikan bandeng utuh dikukus bersama. Lamanya sekitar beberapa menit agar duri-duri menjadi lunak.

Selesai dikukus, duri-duri digoreng hingga kering agar mudah hancur. Lalu dilebur dengan blender. Setelah ditambah bumbu penyedap, hasil blender digoreng kembali. Minyak dari penggorengan ditiriskan maka jadilah abon duri bandeng dengan aroma khas.

Kini abon duri bandeng buatan Umi sudah cukup dikenal. Pesanan telah datang dari banyak kota mulai dari Pati hingga Solo, Jawa Tengah. Harga jualnya Rp 9 ribu setiap seratus gram.

Sumber : Liputan 6 (2010)

%d blogger menyukai ini: