Zonanugera's.com

kalender

Mei 2017
M S S R K J S
« Sep    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Statistik Blog

  • 148,628 hits

Upcoming Events

Tak ada acara mendatang

JENIS-JENIS KAMBING PERAH


SMS Info Agro By ZonAgro

Oleh Qibas Agro

1. Kambing Etawa
Berasal dari wilayah Jamnapari India. Kambing ini paling popular di Asia Tenggara, termasuk tipe dwiguna yaitu penghasil susu dan penghasil daging. Ciri-cirinya postur tubuh besar, telinga panjang menggantung, bentuk muka cembung, bulu bagian paha sangat lebat, BB jantan mencapai 90 kg, BB betina 60 kg. produksi susu mencapai 235 kg/ms laktasi. Di Indonesia untuk perbaikan mutu kambing local maka menghasilkan kambing PE (Peranakan Etawa). Sentra terbesar kambing PE adalah di Kaligesing Purworejo Jawa Tengah.

2. Kambing Alpin
Berasal dari Pegunungan Alpen Swiss, Keberadaan kambing jenis ini menebar ke seluruh daratan eropa. Ciri-ciri kambing Alpen telinga berukuran sedang dan megarah ke atas dengan warna bulu dominan putih, hitam, coklat. BB jantan mencapai 90 kg, BB betina 65 kg. Produksi susu 600 kg/ms laktasi

(lebih…)

BEBASKAN SISWA MEMBACA APA SAJA


Oleh Drs. Miftachul Ulum

Kepala SD Maarif Jogosari Pandaan

Masalah klasik yang selalu saja memrihatinkan kita bersama adalah rendahnya minat baca. Ini tidak saja berlaku di sekolah-sekolah tetapi juga di masyarakat umum. Tulisan ini tidak hendak menyoroti apa dan bagaimana penyebab itu semua, sebab hal itu hanya akan menjadi diskusi dan wacana yang berkepanjangan. Artikel ini lebih tertarik pada mencari solusi kreatif mengembangkan minat baca, khususnya kepada siswa, terutama di sekolah-sekolah dasar.

Dari pengalaman dan pengamatan selama menjadi guru, saya berkeyakinan bahwa sebenarnya anak-anak SD, terutama kelas-kelas awal, memiliki minat baca yang tinggi. Bila disodorkan setumpuk buku, terutama yang penuh gambar, niscaya mereka berebut mengambilnya. Anak-anak pada dasarnya gemar membaca, selaras dengan rasa ingin tahunya yang berkobar. Tetapi yang secara bertahap, entah mengapa, hasrat yang besar itu pelahan-lahan menyurut. Begitu menginjak remaja, umumnya minat mereka terhadap dunia membaca (juga menulis) merosot tajam.

Ini fenomena umum, sehingga dianggap hal yang wajar. Padahal kita perlu meneliti mengapa terjadi kecenderungan seperti itu. Saya khawatir jangan-jangan ada yang salah dalam sistem pendidikan kita. Mungkin ada yang tidak beres dalam pengelolaan kelas kita, dalam membangun iklim kondusif di sekolah sehingga kegiatan sepenting membaca menjadi tidak menarik dan terabaikan. Padahal tidak ada yang membantah bahwa membaca adalah kegiatan yang terpaling dalam dunia pendidikan formal.

Mungkin kritik Edward T. Hall patut didengar kembali. “Salah satu kesalahan terbesar pendidikan modern adalah overstructuring,” katanya. Semua kegiatan dilaksanakan kelewat terprogram formal dan kaku sehingga tidak memberi peluang improvisasi, kreativitas, tidak membolehkan unsur bermain di setiap titik pada proses pendidikan.

Kecakapan baca-tulis-hitung (calistung) di sekolah dasar adalah pondasi utama bagi siswa untuk mengembangkan potensinya pada jenjang pendidikan berikutnya. Tetapi sayang pembelajaran baca-tulis belum kita kembangkan secara optimal. Padahal kecakapan membaca (reading skill) bukan hanya berarti anak dapat membaca cepat, tepat artikulasi, dan fasih pelafalannya. Justru yang terpenting dalam reading skill adalah kemampuan anak untuk dapat memaknai (making meaning) atau menangkap inti informasi kegiatan membaca yang sesungguhnya. Ketrampilan menulis bukan sekadar siswa dapat menulis rapi, jelas, dan tepat penggunakan huruf besar serta meletakkan titik koma. Seharusnya ketrampilan menulis berarti  siswa mampu menuangkan gagasan atau mendeskripsikan segala sesuatu secara tertulis dengan logis dan komunikatif, betapapun sederhananya ide/topik yang diungkapkan.

Oleh karena itu sudah saatnya pembelajaran membaca dan menulis dikembangkan menjadi proses pembelajaran yang menarik. Menarik dalam arti merangsang minat anak dan tidak “overstructuring’ sebagaimana kritik Edward T. Hall tadi.

Di tempat kami, SD Maarif Jogosari, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan, telah kami terapkan program “Membaca Bebas.”   Program ini semula dirancang untuk mengoptimalkan pelajaran Bahasa Indonesia tetapi ternyata kemudian berkembang untuk pembelajaran bidang studi lainnya. Targetnya adalah siswa mampu menangkap info dari bahan tertulis yang dibacanya.

Lewat program membaca bebas ini siswa akan dihadapkan kepada bacaan yang sesungguhnya (buku, majalah, koran, cergam, brosur, hingga label kotak obat) dalam jangka waktu tertentu. Kemudian di akhir sesi siswa diminta mengisi lembar monitoring. Secara acak juga dilakukan semacam tes lisan kepada beberapa siswa untuk mengetahui seberapa jauh daya serap mereka terhadap materi yang dibacanya. Ini juga semacam upaya pengendalian preventif agar anak tidak cuma main-main selama kegiatan membaca bebas berlangsung.

Dasar dari program membaca bebas ini adalah metode pembelajaran literasi. Sebuah pendekatan yang berpendirian bahwa pengembangan kecakapan membaca-menulis akan lebih efektif bila siswa dihadapkan langsung pada praktik baca-tulis yang sesungguhnya, bukan sekadar latihan. Jadi membebaskan anak langsung menikmati buku atau majalah akan lebih bermanfaat daripada sekadar latihan membaca “bacaan rekaan” yang umumnya terdapat pada buku-buku paket seperti:  Ini Bapak Budi. Itu Harimau.

Pendekatan literasi menekankan pembelajaran bahasa secara menyeluruh (whole language). Maka empat ketrampilan bahasa (mendengar, berbicara, membaca, dan menulis) semestinya dikembangkan secara terpadu dalam satu kesatuan. Oleh karena itu  sekolah sedapat mungkin menciptakan kondisi sedemikian rupa sehingga anak dapat tenggelam (”immersion”) dalam suasana membaca. Misalnya perpustakaan yang memadai atau ruang kelas yang banyak buku dan majalah. Analoginya, bila siswa setiap hari sering melihat keluarganya aktif berlatih jaran kepang, maka cepat atau lambat dia pasti akan gemar jaran kepang.

***

Yang spesifik dari kegiatan membaca bebas adalah memberi kebebasan sepenuhnya kepada anak untuk memilih bacaan yang disukainya. Suka-suka dia pilih apa. Bahkan memilih komikpun tak dilarang. (Apa salahnya membaca komik?) Tujuan utama dari membaca bebas adalah membangun kegemaran anak terhadap buku. Bagaimana mungkin anak cinta membaca bila pagi-pagi sudah dipaksa membaca buku yang sama sekali tidak menarik hatinya?

Guru perlu menahan diri untuk tidak tergesa-gesa berbuat “mulia” yaitu terlalu banyak memberi pengarahan ini itu, harus begini harus begitu merasa serba tahu bacaan apa yang terbaik untuk anak-anak itu. Jangan terburu-buru menghubungan kegiatan membaca bebas dengan materi pelajaran (yang cenderung membosankan itu).

Sejauh yang saya ketahui, tidak ada penelitian yang menemukan bukti dampak negatif dari kegiatan membaca, membaca buku yang tak bermutu sekalipun. Bila kebebasan dikembangkan, biasanya anak jadi antusias dalam membaca. Yang senang dengan dunia binatang biarkan berlama-lama membaca buku tentang animal world. Demikian juga yang gemar olahraga pasti suka membaca kiprah para bintang sepabola. Dalam tempo yang tidak lama dia bakal menjadi pembaca yang baik bahkan dapat meningkat menjadi “kutu buku” (tak ada  yang negatif sama sekali dengan julukan kutu buku!).

Anak yang belum gemar membacapun tidak perlu dijejali saran betapa pentingnya membaca bagi masa depannya. Tidak bakal masuk. Jauh lebih bijak jika dia diiming-imingi dengan buku-buku yang penuh gambar dan tidak banyak tulisannya. Komik sangat baik untuk memancing pembaca pemula.

Pengalaman yang kami temui, sekali diberi kebebasan, anak-anak itu secara bertahap akan ketagihan membaca. Membaca menjadi ajang perlombaan yang mengasyikan. Bahkan dampaknya kami jadi agak kewalahan menyediakan stok bacaan baru. Bila anak sudah gemar membaca niscaya wawasannya akan lebih luas dibanding teman sebaya umumnya. Kemampuan bernalar dan menulis (mengarang) juga bertumbuh karena dia diam-diam mendapat contoh tulisan yang baik dan logis.

Sebagai pasangan program membaca bebas adalah menulis bebas. Seusai membaca siswa perlu dibiasakan menuliskan kembali apa yang telah diperoleh dari membacanya. Itu bukan harus berarti menyuruh siswa membuat rangkuman. Biarkan dia menuangkan respon bebasnya terhadap buku yang barusan dibacanya. Boleh saja dia justru mengungkapkan kejengkelannya lantaran buku yang dibacanya kelewat berat atau bertele-tele.

Membaca dan menulis, menurut Hernowo penulis buku Quantum Reading, adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sungguh sayang orang yang gemar membaca tetapi tidak mencatat hal-hal penting yang telah diperolehnya. “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya,” katanya mengutip ungkapan terkenal Ali bin Abu Thalib.

Nah, mari kita ciptakan kondisi agar siswa-siswi gemar membaca, termasuk gurunya. (*)

Vaksin yang Dikembangkan untuk Membantu Para Perokok Berhenti


widiantopanca

nicvaxGlaxo-SmithKline telah bergabung dengan Nabi Pharmaceutical untuk memproduksi suatu vaksin yang bisa membantu para perokok berhenti dari ketagihannya secara permanen.

Vaksin tersebut, NicVAX, bekerja dengan mencegah nikotin memasuki otak, sehingga menghentikan para perokok mendapatkan sensasi menyenangkan apa pun yang menyebabkan ketagihan. Suntikan akan berefek sekitar 1 bulan dan para perokok tersebut memerlukan suntikan setiap bulan selama 6 bulan untuk memastikan ketagihannya hilang secara permanen.

Vaksin ini menstimulasi sistem imun untuk memproduksi antibodi terhadap molekul nikotin kecil, komponen utama penyebab ketagihan pada asap tembakau. Antibodi tersebut mengikat nikotin dan kombinasi antibodi-nikotin ini terlalu besar untuk masuk ke otak melalui peredaran darah.

Percobaan dengan 5 suntikan vaksin atau plasebo dilakukan oleh 9 institusi, termasuk University of California, menunjukkan produk ini membantu 50% perokok untuk berhenti selama periode percobaan. Pada percobaan kedua sukarelawan diberi 6 suntikan vaksin dan 80% sukarelawan yang menerima vaksin ini mencapai kadar antibodi nikotin yang memuaskan.

Presiden Glaxo-SmithKline Biologic Division, Jean Stephanie, mengatakan bahwa jika vaksin ini diterima dan dipasarkan maka akan menolong jutaan orang untuk berhenti dari kebiasaan merokok secara permanen. Diperkirakan lebih dari 70% perokok berusaha untuk berhenti setiap tahunnya, tetapi hanya 5-15% yang berhasil lebih dari setahun tanpa kembali merokok.

Ada banyak produk-produk lain untuk membentu perokok berhenti dari kebiasaannya, seperti permen karet, semprotan hidung, dan tempelan, tetapi banyak perokok kesulitan untuk tidak kembali ke kebiasaannya tersebut. Produk-produk pembantu berhenti merokok memberikan nikotin dengan metode alternatif merokok. Mendapatkan suatu dosis nikotin mengurangi gejala withdrawal dan memberi peluang kepada tubuh untuk melakukan penyesuaian untuk tidak merokok. Dosis secara progresif dikurangi dan kemudian dihentikan sama sekali. Banyak orang kembali lagi pada kebiasaan merokok walaupun dosis dikurangi atau dihentikan. NicVAX bekerja dengan cara yang sangat berbeda dengan produk-produk lainnya karena mencegah nikotin masuk ke dalam otak.

Suatu vaksin untuk membantu orang berhenti merokok secara permanen dapat menyelamatkan jutaan kehidupan secara global dan memotong beban finansial sistem kesehatan dikarenakan kondisi-kondisi kesehatan akibat merokok. Jika uji tahap akhir sukses, NicVAX akan dapat tersedia di pasar hanya dalam 1 tahun lagi.

Menjaga Tubuh Sehat di Kantor


Kantor

September 9th, 2008 by tubuhsehat and tagged

 

Sekalipun pekerjaan di kantor cukup berat dan sibuk, tapi bukan berarti kita tidak bisa hidup sehat. Hidup sehat dapat kita jalani di kantor kita sendiri tanpa perlu ke Gym atau fitness center. Untuk memulai hidup sehat di kantor, pada langkah awal sebaiknya hindarilah mengemil saat bekerja, dan pada saat menuju kantin, pilihlah untuk berjalan kaki.

Untuk menjalani hidup sehat di kantor kita dapat memperhatikan tips dibawah ini :

1. Minum air putih yang cukup..sehari kira-kira 8-10 gelas akan membuat kita terhindar dari dehidrasi. Biasanya pada jam 3 sore kita mulai merasakan dehidrasi.

2. Snack untuk menemani anda bekerja sangat menyenangkan, namun tentu akan menambah kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan sehingga lama kelamaan akan membuat berat badan menjadi naik. Jika lapar, silakan untuk memakan buah seperti buah cherry atau anggur.

3. Makan siang yang sehat baik dari cara penyajian maupun jumlahnya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

4. Salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh kita adalah dengan berolahraga.Salah satu caranya adalah jalan-jalan pada saat istirahat makan siang, selain membakar kalori, juga meredakan stress dan penyegaran sesaat setelah bekerja.

5. Mata lelah salah satu sindrom yang terjadi pada pengguna computer.
Menurut University of California di Davis, mata lelah dapat menyebabkan pusing,hilang konsentrasi dan juga silau.Untuk mencegah mata lelah jagalah jarak antara mata dan layar harus selebar lengan anda akan merasa nyaman dan tanpa harus mengerutkan mata untuk membaca. Jika anda tidak dapat membaca pada jarak aman tersebut..yang harus dilakukan adalah perbesar ukuran hurufnya.

6. Hindari Kepenatan
Kramer menjelaskan, proyek yang harus selesai tepat waktu..terlalu focus pada pekerjaan juga menurunkan kekebalan tubuh, namun ini biasanya tidak disadari sampai pada suatu saat stress meningkat dan akan merusak mood atau perasaan kita dan persahabatan.
Ini merupakan contoh stress lain biasanya disebut juga dengan kelelahan yang berpengaruh pada system kekebalan tubuh, susah tidur, dan sulit untuk berkonsentrasi..
Solusinya adalah sering-sering menarik napas panjang dan teratur. Jika perlu keluar sebentar, hirup udara segar, tarik napas panjang dan isilah paru-paru anda dengan oksigen. (udara ruangan ber-AC biasanya lebih lembab dan tidak sehat)

7. Tips ini yang paling disenangi untuk menjaga kesehatan kerja yaitu, berlibur.
Jonathan Kramer (clinical psychologist and president of Business Psychology Consulting) berkata bahwa, berlibur sangat penting untuk dilakukan, tentunya akan mengembalikan stamina anda seperti kita baru mengganti baterai pada tubuh kita. Liburan akan membantu anda melepaskan stress dan melepaskan lelah .
Kramer juga menjelaskan stress dapat membuat kita kehilangan kekebalan tubuh, meningkatkan resiko terserang penyakit, jadi minimalkan penyebab tersebut yaitu dengan cara berlibur.

8. Keyboard, mouse dan telepon merupakan salah satu tempat bakteri dan virus berada dan dapat membuat anda sakit. Maka setiap habis memakainya bersihkanlah.

Menurut Science Daily,100th General Meeting of the American Society for Microbiology, Virus dapat bertahan lebih dari beberapa jam..bahkan berhari-hari dan menempel pada permukaan suatu benda..Pada permukaan telephone dapat dijumpai virus diare yang dapat menular secara cepat apabila telephone tersebut digunakan beramai-ramai.

Untuk membersihkannya, the National Consumers League menyarankan untuk menggunakan desinfektan yang dapat disemprotkan pada telephone dan sudah terjamin dapat mematikan virus tersebut dan sudah terdaftar.

Sumber : artikel MD wight Loss Clinic

“Jack is taller than Peter, and Bill is shorter than Jack.”

Which of the following statements is most accurate?

(a) Bill is taller than Peter
(b) Bill is shorter than Peter
(c) Bill is as tall as Peter
(d) It is impossible to tell whether Bill or Peter is taller

Hindari Cedera Saat Lari dengan Cara Ini


083705_sportrunts

Jakarta, Lari merupakan salah satu bentuk olahraga sederhana yang kerap dilakukan banyak orang. Tapi sayanganya, setiap tahun rata-rata 35 sampai 85 persen pelari mengalami cedera. Sedangkan, khusus atlet lari, sekitar 75 persen mengalami cedera permanen.

Dikutip dari Health Me Up, Kamis (15/8/2013), komplikasi cedera yang dialami saat berlari 75 persen disebabkan karena melakukan gerakan yang berlebihan. Sedangkan, 25 persen disebabkan oleh faktor alam misalnya terkilir di bagian pergelangan kaki. Nah, untuk menghindari terjadinya cedera, tak ada salahnya Anda melakukan beberapa upaya pencegahan ini.

Pertama, ganti sepatu Anda jika sudah dipakai berlari dengan jarak 400 km. Kedua, usahakan gunakan permukaan yang lembut saat berlari misalnya lapangan atletik yang menggunakan landasan dengan bahan semacam karpet atau jalan yang kondisinya bagus. Sebaiknya hindari trotoar.

Yang ketiga, sebelum rutin berlari, sebaiknya awali dengan berjalan santai selama tiga minggu. Latihan ini akan memberi penguatan terhadap tendon serta otot dan tulang kaki. Upaya ke-empat yang perlu dilakukan adalah jika ingin meningkatkan jarak lari, tambahkan 1,6 km setiap tiga minggu, bukan setiap minggu.

Selain itu juga diperlukan meluangkan waktu dua hari dalam seminggu untuk berjalan santai. Dengan kata lain, aktivitas lari yang Anda lakukan juga perlu diberi jeda. Peregangan juga perlu dilakukan setelah selesai berlari. Atau jika perlu lakukan beberapa latihan kekuatan tambahan setelah berlari.

Upaya terakhir yaitu perlu Anda ingat bahwa proses berlari harus dilakukan secara lembut dalam artian tak terlalu dipaksakan sehingga itu akan memberatkan Anda. Mengonsumsi vitamin C 500 mg juga bisa jadi pilihan baik karena dapat menguatkan otot Anda.

Untuk anak-anak yang rentan terhadap rasa sakit dan nyeri saat berlari, solusi sederhana yang bisa dilakukan yakni mengganti jenis sepatunya. Namun, jika Anda masih mengalami cedera, dianjurkan segera mengobati luka Anda sesegera mungkin.

Tapi, jika Anda merasakan sakit ketika pemanasan lalu rasa sakit itu hilang setelah Anda mulai berlari, maka Anda tak perlu khawatir. Namun, jika rasa sakit itu terus berlanjut maka sebaiknya segera berhenti berlari.

Untuk mengatasi cedera atau rasa nyeri di kaki bisa saja Anda menggunakan kompresan es atau obat anti-inflamasi. Tapi, khusus obat anti-inflamasi, jangan menggunakannya dalam jangka waktu yang terlalu lama tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

(vit/vit)
Radian Nyi Sukmasari – detikHealth

Mati Mendadak Saat Olahraga Lebih Banyak Terjadi pada Laki-laki


Jakarta, Serangan jantung bisa datang kapan saja bagi yang memiliki faktor risiko, apalagi saat melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga. Siapa pun bisa kena, tapi penelitian menunjukkan bahwa laki-laki lebih rentan mengalaminya.
100649_heartattacksportts
“Risiko kematian mendadak saat olahraga secara dramatis lebih rendah pada perempuan dibandingkan pada laki-laki,” kata Dr Eloi Marijon, peneliti dari Universite Paris Descartes, seperti dikutip dari Health Day, Kamis (15/8/2013).

Dalam penelitiannya, Dr Marijon mengamati 800 kasus kematian mendadak yang terjadi saat olahraga di Prancis antara tahun 2005 hingga 2010. Dari seluruh kasus, cuma ada 5 kasus yang melibatkan pasien perempuan. Usia rata-rata para perempuan adalah 44 tahun, sementara pada laki-laki 46 tahun.

Dari hasil pengamatan, Dr Marijon menyimpulkan bahwa risiko kematian mendadak saat olahraga pada perempuan adalah sebesar 0,51 kasus tiap 1 juta partisipan olahraga. Pada laki-laki, risikonya jauh lebih tinggi yakni 10,1 kasus tiap 1 juta partisipan olahraga.

Meski demikian, penelitian ini tidak mengungkap lebih jauh mengapa laki-laki lebih rentan mengalami serangan jantung yang berujung pada kematian saat berolahraga. Apakah berhubungan dengan cara berolahraga atau faktor lain, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk mengungkapnya.

Temuan lain dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara faktor penuaan dengan peningkatan risiko kematian mendadak saat olahraga. Namun hubungan tersebut cuma ditemukan pada laki-laki, sedangkan pada perempuan tidak terlalu tampak hubungannya.

Aktivitas fisik dengan intensitas berat memang tidak boleh dilakukan sembarangan bagi yang memiliki riwayat gangguan jantung. Bukan cuma olahraga, bahkan berhubungan seks sekalipun bisa memicu kematian mendadak jika dilakukan sembarangan pada kelompok tersebut.

(up/vit)
http://www.detik.com

Raja Telur – Distributor Puyuh & Bebek Areal Surabaya dan Sidoarjo


SMS Info Agro By ZonAgro

Di Jual Berbagai macam Telur dengan Harga Bersaing

Jenis Telur :

– Telur Puyuh

– Telur Bebek

( Telur Segar, Telur Asin Mentah, Telur Asin Matang )

Hubungi :

Priya As

085645601238

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.